Cara Instal Windows 7 - Gatsu Blog

Friday, November 2, 2018

Cara Instal Windows 7

Windows 7 adalah sistem operasi komputer produksi Microsoft dan keluarga dari Windows NT. Windows ini dirilis pada tanggal 22 Oktober 2009 oleh Microsoft. Kelebihan windows 7 jika dibandingkan dengan Windows 8, Windows 10 adalah lebih ringan dan mudah digunakan khususnya untuk laptop/PC spek menengah kebawah. Windows 7 terdiri dari beberapa versi seperti Windows 7 Ultimate, Enterprise, Profesional, Home Premium, Home Basic dan Windows 7 Starter. Dari semua versi Windows 7 tersebut hanya Windows 7 Starter saja yang tadi tidak ada versi 64 bitnya.


Pada artikel ini Gatsu Blog akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara menginstal windows 7 dengan mudah menggunakan flashdisk maupun DVD Installer. Tetapi sebelum itu sobat harus menyiapkan beberapa peralatannya terlebih dahulu diantaranya adalah Flashdisk /DVD installer Windows 7, Laptop/PC.

Tata Cara Instal Windows 7


1. Siapkan Flashdisk/DVD Installer Windows 7

2. Masukkan Flashdisk/DVD Installer

3. Nyalakan ulang Laptop/PC

4. Pada saat loading BIOS tekan F2 atau DEL secara terus menerus untuk masuk MENU BIOS. Tapi untuk beberapa laptop keluaran terbaru ada yang memakai ESC, F11 atau F12 untuk masuk MENU BIOS.

5. Setelah berhasil masuk MENU BIOS ubahlah Booting pertama dengan drive yang akan sobat jadikan installer entah itu Removable Flashdisk maupun DVD Installer.

6. Simpan pengaturan BIOS dengan memencet tombol F10 kemudian exit menggunakan tombol ESC maupun menu exit yang tersedia disitu dan Laptop/PC akan otomatis restart.

7. Tekan sembarang tombol pada saat muncul tulisan "Pres any key to boot from DVD or CD...."

8. Tunggu proses sampai dengan muncul gambar seperti dibawah ini kemudian klik Install Now


9. Akan muncul notifikasi persetujuan seperti pada gambar berikut. Centang pada kolom I accept the licenses terms.


10. Pilihlah Custom (advanced) untuk mengatur partisi hardsik sobat.


11. Hapus Disk 0 Partition 1 : System Reserver dengan cara klik pada partisi tersebut lalu pilih menu delete di bagian bawah.

12. Hapus juga Disk 0 Partition 2: Local Disk dengan cara seperti diatas. (ingat jangan lakukan cara tersebut untuk Partition 3 dan seterusnya kecuali hardisk akan dihapus total).

13. Langkah selanjutnya adalah membuat partisi baru. Caranya klik pada drive Disk 0 Partition 1: unalocated kemudian klik New lalu klik OK.

14. Dari sini akan muncul beberapa drive tapi sobat klik pada drive kedua yaitu Disk 0 Partition 2: Local Disk kemudian klik Next.

15. Windows sudah dengan otomatis mengkopi file sistem sendiri jadi sobat tunggu sambil ngopi dan ngemil.

16. Proses biasanya membutuhkan waktu beberapa menit saja tergantung dari spek laptop/pc sobat. disaat proses selesai akan otomatis restart. Nah pada waktu restart tersebut ulangi langkah seperti pada Nomor 4, sobat kembalikan boot menu dari BIOS tadi dan ganti nomor satu menjadi dari hardisk.

17. Nah jika windows sobat sudah muncul seperti pada gambar dibawah ini, silakan masukkan nama pengguna, bebas terserah sobat kemudian klik NEXT


18. Pada saat meminta password silakan diabaikan saja atau diisi terserah sobat kemudian klik NEXT.

19. Pada waktu muncul permintaan serial number seperti pada gambar berikut sobat hilangkan centangan pada kotak disamping "Automatically activate when Im online" kemudian klik NEXT saja.

20. Pilih pengaturan rekomendasi saja


21. Pengaturan waktu sobat isi dengan zona waktu di tempat sobat kemudian klik next


22. Proses instalasi sudah selesai windows 7 siap digunakan


Nah demikian itu tata cara instal windows 7 pada laptop maupun PC. Semoga artikel yang saya tulis ini bisa membantu sobat yang kesulitan untuk menginstal windows 7. Dan jangan lupa untuk menginstal driver-drivernya dan aktifkan juga windows 7 nya agar menjadi genuine.
Comments


EmoticonEmoticon